Festival Film Indonesia 2011: Siaran Pers

Perbaikan Membutuhkan Perubahan

JAKARTA, 18 AGUSTUS 2011 • Festival Film Indonesia (FFI) 2011 dipastikan akan segera berlangsung.

Pesta film tahunan itu secara resmi akan diluncurkan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Ir. Jero Wacik, SE pada Kamis, 25 Agustus 2011. Selanjutnya, secara garis besar agenda FFI 2011 adalah sebagai berikut:

• Pendaftaran film peserta:  25 Agustus-8 Oktober 2011
• Pengumuman Nominasi:  10 November 2011
• Malam Anugerah Piala Vidia:  26 November 2011
• Malam Anugerah Piala Citra:  10 Desember 2011

FFI 2011 diselenggarakan oleh Panitia Penyelenggara yang dibentuk dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Kebudayaan dan Pariwisata No. KM.58/OT.001/MKP/2011 yang ditetapkan di Jakarta 10 Juli 2011. Dalam SK itu disebutkan bahwa pelaksanaan FFI 2011 dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana (Panpel) yang susunan selengkapnya terlampir bersama Siaran Pers ini.

Panitia Penyelenggara FFI 2011 dibentuk untuk mengisi kekosongan karena Badan Perfilman Indonesia (BPI) yang bertugas menggantikan Komite Kerja Festival Film Indonesia (KKFFI) sebagai penyelenggara FFI mulai tahun ini masih dalam proses pembentukan.

Dalam konferensi pers Kamis, 18 Agustus 2011, Ketua Panpel FFI 2011 M. Abduh Aziz menyatakan, sebagai langkah awal pembenahan FFI, tahun ini akan terdapat sejumlah perubahan penting, yang detailnya akan diumumkan dalam peluncuran resmi pada 25 Agustus 2011.

Abduh Aziz menegaskan, pesan yang mencuat setelah terjadi kisruh dalam FFI 2010 sudah sangat jelas, yaitu penyelenggaraan FFI harus diperbaiki. Namun, perbaikan itu tidak bisa berlangsung dalam semalam, karena memerlukan proses dan kerendahhatian berbagai pihak untuk ikut berkontribusi di dalam proses tersebut. Yang sudah pasti, setiap perbaikan membutuhkan perubahan. Dan untuk melakukan perubahan diperlukan keberanian. Keberanian untuk merancang konsep besar perbaikan dan mengayunkan langkah pertama.

Secara garis besar perubahan yang akan dilakukan dalam FFI 2011 adalah sebagai berikut:

1. Kompetisi Film Televisi

Selain kompetisi Film Bioskop, Film Pendek, dan Film Dokumenter, tahun ini akan diadakan juga Kompetisi Film Televisi untuk kategori film cerita lepas dengan durasi minimal 70 menit, atau dikenal sebagai FTV, untuk memperebutkan Piala Vidia.

FTV dan Film Bioskop bagai dua sisi mata uang, yang jika disinergikan dengan baik berpotensi menciptakan simbiosis mutualisme dengan industri perfilman nasional. FTV, berbeda dengan film-film televisi lainnya, bisa menjadi perluasan lahan ekspresi para pekerja film bioskop sekaligus kawah candradimuka untuk melahirkan lebih banyak sineas baru.

Kendati demikian, agar tidak mengurangi penghormatan kepada setiap pememang, Malam Anugerah Piala Vidia dan Malam Anugerah Piala Citra akan diadakan terpisah.

2. Piala Citra untuk Penulis Cerita Asli Terbaik

Tahun ini tradisi penganugerahan Piala Citra untuk Penulis Cerita Asli Terbaik, yang pernah ada dalam FFI 1982-1991 (dengan isitilah Cerita Asli Terbaik untuk Film), akan dihidupkan lagi. Sebagai konsekuensinya, Piala Citra untuk Penulis Skenario Cerita Asli Terbaik dan Penulis Skenario Cerita Adaptasi Terbaik dilebur menjadi satu, yakni Penulis Skenario Terbaik.

Penghargaan baru ini dimaksudkan untuk memberikan apresiasi lebih sekaligus pemicu semangat lahirnya cerita-cerita baru untuk film yang semakin baik.

3. Sistem Penjurian Film Bioskop

Akan terdapat perubahan yang signifikan dalam sistem penjurian Film Bioskop mulai FFI 2011. Sistem penjurian baru ini akan melibatkan lebih banyak pekerja film, sehingga diharapkan berlangsung penilaian teknis yang lebih cermat oleh ahli di masing-masing bidang, dan kualitas Nominasi serta Pemenang Piala Citra FFI 2011 bisa menjadi lebih baik.

4. Acara Pendukung Festival

Untuk menjadikan FFI 2011 sebagai sebuah festival yang sesungguhnya, acara-acara utama berupa kompetisi, Pengumuman Nominasi, dan Malam Anugerah Piala Citra/Vidia, akan dimeriahkan berbagai acara pendukung yang sebisa mungkin melibatkan semua pemangku kepentingan perfilman Indonesia. Di samping acara-acara yang bersifat promosi akan diadakan juga acara-acara apresiatif sepertiworkshop, pemutaran film-film nominasi, lomba kritik film, penghargaan pilihan wartawan, penghargaan pilihan penonton, dan lain-lain.

5. Pengumuman Nominasi dan Malam Anugerah

Siaran langsung Pengumuman Nominasi serta Malam Anugerah Piala Citra dan Piala Vidia akan dikemas dalam format baru yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Bersama Mitra Televisi, Panpel FFI 2011 akan membuat sebuah acara yang berfokus pada film, memberikan apresiasi mengenai film Indonesia bagi masyarakat, dan menghormati para pekerja film.

Kirim komentar